I’m Done with Kun Saraswati

kun saraswati done


Bagi saya, musik adalah perhiasan yang indah dalam hidup yang sala jalani. Musik sebagai medium bagi saya untuk bercengkrama pada kisah-kisah yang telah, sedang, atau akan saya alami. Misalnya ketika lagi ngelamun, saya mendengarkan musik melow. Ketika lagi kerja, saya mendengarkan musik semangat.

Pada dasarnya, selera musik saya bisa berubah-ubah tergantung situasinya. Jadi daftar lagu saya tidak terkotak-kotakkan pada genre, tahun, atau tema. Tapi ada juga beberapa lagu yang suka saya dengarkan ketika dalam kondisi apapun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa lagu-lagu ini berbeda dengan yang lain. Biasanya, karena lagu tersebut enak sekali lantunannya, mulai dari aransemen hingga suara penyanyinya. Dan kedua, karena liriknya super dahsyat!

Pernah tidak kamu mendengarkan lagu yang liriknya bikin terkesima? Terkadang lirik itu tidak perlu relevan dengan hidup kita, tapi melihat susunan kata yang dirangkai begitu indah itu sudah cukup untuk membuat getar-getar nadi mengencang. Baru-baru ini, ada satu lagu yang saya rasa bisa masuk dalam daftar lagu favorit saya yang baru. Yaitu lagu Indonesia yang berjudul “Done”.

Done – Kekuatan untuk Menentukan Jalan

Masa lalu adalah peristiwa-peristiwa yang kita tinggalkan dan berani-benraninya meninggalkan kenangan. Terkadang kita bisa membuka kembali dokumen kenangan itu, atau benar-benar lupa. Namun tak jarang pula ingatan masa lalu yang tidak diinginkan malah muncul menggedor-gedor kepala kita. Bagaimana rasanya mengingat hal yang tidak menyenangkan? Jika ada pilihan lain, saya yakin kamu akan bilang: “ogah”.

Pilihan itulah yang kemudian dilantunkan dengan indah dalam lagu “Done”. Lagu Indonesia ini baru saja dirilis pada jumat malam (4 Oktober 2019) di Hiveworks Gedung Multivision, Jakarta. Beruntung sekali saya dapat menyaksikan secara langsung ritual peluncuran single “Done” yang sekaligus menjadi debut sang penyanyi, Kun Saraswati.

kun saraswati done
Judul lagu Kun Saraswati "Done" dibawakan dengan apik
Ketika lagu “Done” dinyanyikan di depan mata saya, ada ketenangan dalam musiknya yang membuat saya rileks. Namun ada juga kegetiran pada lirik lagu yang terangkai di dalamnya sehingga saya mengalami dilema, antara santuy dan kalut. Apalagi Kun Saraswati memang membawakannya dengan sangat baik. Saya langsung bisa membayangkan lagu “Done” menjadi soundtrack film saat itu juga.

“Done” bercerita tentang seseorang yang telah berdamai dengan masa lalunya. Saya merasakan kekuatan dalam lagu Kun Saraswati ini yang mengajak orang lain untuk berani bersikap tegas pada hidupnya, bahwa hidupnya terlalu berharga untuk orang yang tidak menghargainya. Oleh karenanya, mengakhiri candu cinta atau bucin adalah pilihan yang harus dilakukan demi hidupnya yang bermakna.

Jujur saja, dalam lagu ini sebenarnya saya merasa tidak terrepresentasikan oleh “aku” di lirik musik Kun Saraswati itu. Tapi justru saya merasa seperti “kamu”. Sehingga kalimat, “there is no I love you” dan “I’m done with you” membuat saya ketakutan setengah mati. Saya tak ingin orang yang saya sayangi pada akhirnya mengucapkan dua kalimat tersebut kepada saya.

kun saraswati
Kun Saraswati bersama keluarga dan tim label
Jadi bagi saya, mendengarkan Kun Saraswati menyanyikan lagu ini terasa seperti sebuah terror. Meski terdengar menyeramkan, namun teror ini teramat indah dan sejuk di telinga. Kamu harus mendengarkan lagu Kun Saraswati yang magis ini, deh. Cobalah.

Kun Saraswati – Pendatang Baru Siap Melaju

Siapa Kun Saraswati? Pertanyaan itu mungkin berkelindan di benak kamu ketika membaca tulisan ini. Kun Saraswati, biasa dipannggil ‘Kun’, merupakan seorang pendatang baru di kancah permusikan Indonesia. Ia menyukai musik sejak kecil. Di usia yang kelima, ia sudah belajar piano klasik dalam bimbingan profesional.

kun saraswati
Kun Saraswati beserta para blogger, temukan saya!
Kun Saraswati semakin dalam menyelami dunia musik terutama ketika ia mengemban pendidikan di Fakultas Ilmu Seni Musik Universitas Pelita Harapan. Tidak perlu ragu lagi dengan kualitas vokalnya, sebab di usianya yang masih belia, Kun sudah menjadi pengajar vokal di Music School of Indonesia.

Lagu “Done” sendiri diciptakan oleh Kun Saraswati bersama kakaknya pada pertengahan 2016. Melihat adanya potensi pada lagu tersebut, sejumlah profesional menggarapnya hingga siap diperdengarkan kepada publik pada 2019. Belanegara Abe dan Edo Abraham bersedia menjadi tempat bermuara Kun Saraswati dalam Passion Vibe, label yang juga bekerjasama dengan Rinni Wulandari, Sherina, Heidi, dll.

Tidak tanggung-tanggung, profesional yang terlibat dalam penggarapan single ini adalah Alvin Witarsa sebagai Orchestrator, Irvnat sebagai Vocal Director, Eko Sulistiyo sebagai Mixing Engineer, dan Steve Corrao sebagai Mastering Engineer. Nama-nama ini merupakan para ahli yang sudah dipercaya kemampuannya di industri musik Indonesia. Wajar saja, jika komposisi musik yang disajikan sangat berkualitas.

Jika kamu tertarik dengan lagu yang sudah saya bahas ini, segeralah mencari judul lagu Kun Saraswati “Done” di berbagai platform music streaming seperti Spotify, Joox, iTunes, dan Deezer. Tidak hanya lagunya saja, format video beserta lirik musik Kun Saraswati juga bisa kamu tonton di YouTube. Biar praktis, kamu bisa langsung menyaksikannya di bawah ini.




Apakah kamu sudah puas mendegarkan lagu “Done”? Menurut kamu, bagaimana potensi lagu ini di pasar musik Indonesia? Jika kamu punya pendapat soal ini, tulis saja di kolom komentar, ya. Terima kasih sudah bersedia membaca tulisan ini.


Photo by Kaboompics .com from Pexels

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan Pria Yang Tiba-tiba Menjauhi Kekasihnya

Daftar Wajib 20 Film Layak Tonton Tahun 2017

Menantang Jogja Tanpa Rencana